Langkah Awal Membuka Jalan Studi di Luar Negeri

Do Your Research as Soon as Possible

Ketika kamu sudah menemukan motivasi dan keteguhan hati buat belajar di luar negeri, mulai lakukan pencarian-pencarian ter-up-to-update tentang segala hal terkait kuliah di luar negeri. Kamu harus memulainya sedini mungkin. Pastikan juga kamu sudah memutuskan kampus tujuan dan jurusan yang kamu inginkan. Ini penting, karena kamu bisa lebih terstruktur dalam mencari informasi.

Tapi, jika kamu memang masih meraba-raba karena masih buta dengan kampus dan jurusan apa saja yang pas buat kamu ambil, tidak masalah kalau kamu mau mencari referensi dulu. Yang terpenting adalah lakukan research sekecil apapun itu dan dalam waktu secepatnya. Semakin cepat kamu mendapatkan informasi, maka akan semakin banyak informasi yang bakal kamu dapatkan.

Apa sih contoh kecil yang bisa kamu lakukan? Kamu bisa memulainya dengan membuka laptop atau komputer, kemudian mulai mencari tahu tentang kampus tujuanmu, bagaimana cara masuknya dengan beasiswa, bagaimana cara menulis essay-nya, sampai pada bagaimana nilai akhir yang harus kamu dapatkan di sana. 

Prestasi Non-Akademik yang Unik

Biasanya pihak pemberi beasiswa tidak hanya melihat calon penerima dari prestasi akademiknya saja loh. Prestasi non-akademik menjadi poin penting tersendiri ketika kamu hendak mengajukan beasiswa ke luar negeri. Banyak sekali kampus di luar negeri yang membuka beasiswa melalui talent-talent yang luar biasa.

Tidak harus unik dalam arti berbeda dari yang lain, tetapi kamu benar-benar memiliki skill dalam suatu bidang seperti music, art, sport, bahkan juga bela diri. Hal yang perlu kamu lakukan sekarang adalah mulai menggali potensi bakat yang kamu miliki lebih dalam lagi. Kembangkan skill itu seiring berjalannya waktu. Hingga nanti kamu siap menampilkannya ketika tes minat dan bakat.

Kemampuan Bahasa Asing Tersertifikasi

Ini nih yang penting. Ini juga yang biasanya menjadi fokus banyak orang ketika hendak melakukan studi ke luar negeri. Karena tujuan kamu nantinya bukan lagi kampus-kampus di Indonesia, tetapi di luar negeri, pasti kemampuan bahasa asingmu akan diuji dan dipertanyakan, terutama bahasa Inggris.

Untuk memastikan kemampuan bahasa Inggrismu benar-benar mumpuni, biasanya kamu harus menunjukan bukti berupa skor IELTS atau TOEFL tergantung kebijakan setiap kampusnya. Nah, mulai dari sini kamu bisa mempersiapkan sedini mungkin agar skor yang kamu dapatkan nanti melebihi batas minimum yang ditentukan agar peluang masukmu semakin besar. Perdalam materi reading, writing, listening, dan yang paling penting adalah speaking!

Berada di Lingkungan yang Tepat

Ini bisa menjadi motivasi butamu agar tidak goyah dan terus fokus mengejar mimpi untuk studi di luar negeri. Salah satu caranya adalah memiliki teman-teman yang satu visi, misalnya sama-sama punya mimpi pergi ke luar negeri. Meski tidak harus sama ingin melakukan studi, misalnya temanmu ingin bekerja di luar negeri bisa saja kok saling berbagi informasi dan menjalin relasi agar lingkunganmu tetap mendorongmu untuk selalu semangat.

Terlebih lagi jika kamu punya banyak teman yang punya mimpi sama untuk lanjut studi di luar negeri dan temanmu punya banyak prestasi. Ini bisa menjadi motivasi buatmu supaya menjadi lebih baik lagi. Kamu bisa mendapatkan banyak ilmu juga dari mereka juga. Tapi ingat, jangan sampai kamu salah bergaul dengan mereka yang terlalu ambis dan tidak friendly ya. Pastikan lingkunganmu tepat!

Track Record yang Mulus

Pastikan kalau kamu tidak pernah melakukan tindakan yang melanggar hukum dan menjadi kriminal. Kamu harus memiliki citra diri yang positif. Untuk menciptakan citra tersebut, selain kamu harus menghindari tindakan melanggar hukum, kamu juga bisa menambah track pengalaman yang bagus. Misalnya mengikuti volunteer, mengikuti event, atau berbagai macam organisasi lain yang mampu meningkatkan skill sekecil apapun itu. Terlebih lagi jika kamu punya track record event internasional.

Prestasi Akademik Satu hal lagi yang jangan disepelekan adalah prestasimu di bidang akademik. Kamu harus memperhatikan nilai-nilai rapormu selalu bagus. Tentunya harus benar-benar sesuai dengan kapasitas kemampuan akademikmu. Begitu juga buat kamu yang sudah kuliah, pertahankan agar IPK kamu tetap terjaga cumlaude setiap semesternya. Pastikan setiap mata kuliah yang kalian ambil mendapat nilai yang memuaskan.

Leave a Comment